Sabtu, 14 Agustus 2010

Mencicipi Galette di Kitchenette

Dalam beberapa tahun belakangan ini, pancake menjadi menu makanan yang menjamur. Berbagai restoran di ibukota mengusung menu pancake sebagai menu andalan. Sebut saja diantaranya adalah Pancious, Pan'O, My Pancake dan banyak lagi resto lainnya yang menyajikan menu pancake. Resto-resto ini kerap padat dengan para penikmat makanan.


Dahulu, di masa kanak-kanak, pancake umumnya disajikan sederhana. Hanya dipadu dengan sirup mapple. Saat ini, pancake tidak lagi disajikan sesederhana itu. Pancake telah diolah sedemikian rupa menjadi hidangan yang sangat bervariasi. Tidak hanya dipadukan dengan makanan pendamping yang manis seperti es krim, aneka buah, dan sirup, pancake juga dapat disajikan bersama penganan asin seperti berbagai olahan daging, saus karbonara, dan banyak lagi variasi lainnya.


Bulan Mei yang lalu, ibukota Jakarta kembali diramaikan oleh dibukanya restoran baru. Dikelola oleh Ismaya Group, resto yang mengusung nama Kitchenette ini menyajikan variasi lain dari pancake. Resto ini punya menu andalan berupa galette, yaitu sejenis pancake tipis. Berbeda dengan crepes, yang terbuat dari tepung gandum biasa, galette terbuat dari jenis gandum buckwheat. Selain itu, galette umumnya disajikan dengan topping dengan rasa asin, tidak seperti crepes yang disajikan bagi para pecinta rasa manis.


Menu galette favorit di resto ini antara lain Edouard -dengan filling sauteed mushrooms, turkey ham, mozarella cheese, garlic mayo with greens, ataupun Arnaud dengan filling mini beef hamburgers, fried egg, dijon mustard sauce, swiss cheese and caramelized grilled onion. Ntah kenapa, menu galette ini mengambil nama laki laki Perancis. Sementara untuk berbagai sajian crepes yang manis, mengutip nama perempuan seperti Abigail, Claudette.

Dalam kunjungan pertama ke Kitchenette, saya mencoba Edouard. Memang pantas, kalau menu ini diandalkan. Kombinasi antara rasa gurih-asin dari irisan daging ayam kalkun, jamur, keju, serta rasa manis yang pas dari lapisan tipis galette memberi sensasi yang sungguh nikmat.
Selain galette, resto ini juga menawarkan berbagai jenis penganan lainnya. Bagi penggemar penganan dengan cita rasa keju, baked truffle macaroni and cheese with turkey bacon, serta Uncle Raul's spanish meatballs with creamy beef chorizo layak untuk dicoba. Keju nya terasa begitu gurih. Membawa kita melayang :). Walaupun untuk kedua sajinan Eropa ini, saya menyarankan untuk dimakan secara berbagi (sharing), supaya rasa gurih keju tidak berlebihan.








Pengalaman bersantap di Kitchenette ini juga diperkaya dengan suasana resto yang dibuat homey. Mengusung konsep dapur di rumah, lengkap dengan asesoris berbagai peralatan makan dan memasak, cutlery, serta rak berisi toples bahan makanan, sembari memandang para juru masak yang beraksi mengolah makanan di depan kita, Kitchenette menyajikan lingkungan bersantap yang nyaman dan unik.


Tidak ada komentar: